BeasiswaPendidikanUniversitas

6 Perbedaan Universitas Swasta dan Negeri

6 Perbedaan Universitas Swasta dan Negeri

forum-ikmjatim.com – Perbedaan Kampus Negeri dan Swasta. Memilih kampus berkuliah bukanlah tugas yang ringan karena banyak aspek penting yang kudu dipertimbangkan yang nantinya dapat mempengaruhi jalannya studi. Contohnya adalah pilihan pada kampus swasta dan negeri. Hal ini selamanya menjadi polemik pada menentukan kampus swasta atau negeri yang biasanya menjadi pertimbangan calon mahasiswa.

Untuk membuat ketetapan yang tepat, berikut ini sebagian perbedaan kampus negeri dan kampus swasta yang bisa kamu pertimbangkan.

Pervedaan Universitas Swasta dan Negeri

1. Fasilitas

Perbedaan kampus swasta dan negeri termasuk tersedia di fasilitasnya. Fasilitas di kampus negeri biasanya telah lengkap, lebih-lebih fasilitas bangunan kuliah. Kebanyakan bangunan kampus negeri telah berumur tua. Fasilitas pendukung lainnya layaknya perpustakaan, kantin, area ibadah, wifi, laboratorium, dan banyak lainnya termasuk telah lengkap.

Sebenarnya, kelengkapan fasilitas di kampus swasta termasuk tidak tidak sama jauh dengan kampus negeri untuk kampus swasta yang telah berdiri sejak lama atau yang telah mendapatkan akreditasi yang bagus. Namun, untuk kampus swasta yang belum lama didirikan fasilitasnya belum lengkap kampus negeri.

2. Kepemilikan

Perbedaan pertama pada kampus negeri dan swasta yang paling ringan diingat yakni instansi/lembaga yang mengelolanya. Universitas negeri merupakan perguruan tinggi yang dimiliki dan dikelola oleh negara. Sedangkan, kampus swasta dimiliki dan dikelola oleh perorangan atau organisasi yang biasanya adalah sebuah yayasan.

3. Biaya Kuliah

Biaya kuliah di kampus negeri condong lebih tidak mahal dari cost kuliah di kampus swasta. Perbedaan cost kuliah inilah yang biasanya membuat orang tua mendorong anaknya agar masuk kampus swasta. Program beasiswa di kampus negeri termasuk biasanya lebih banyak daripada di kampus swasta.

Pemberlakuan cost kuliah di kampus negeri mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 55 Tahun 2013 mengenai Biaya Kuliah Tunggal (BKT) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Besar UKT terdiri dari sebagian golongan yang disesuaikan dengan kebolehan ekonomi mahasiswa.

Namun, golongan UKT cuma berlaku untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Contohnya BKT Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran per semesternya sebesar Rp23.000.000.

Baca juga : 5 Perbedaan Sekolah Swasta dan Negeri

4. Dari Jalur Pendaftaran

Perbedaan ke dua pada kampus negeri dan swasta yang ringan dibedakan yakni jalur pendaftarannya. Jalur pendaftaran kampus negeri diatur oleh instansi pemerintahan dan kamu dapat bersaing dengan ribuan hingga ratusan juta pendaftar dari seluruh lokasi Indonesia.

Ada tiga jalur pendaftaran untuk masuk ke kampus negeri. Dua jalur pendaftaran dikelola oleh pemerintah yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Satu jalur pendaftaran lainnya yakni Ujian Mandiri (UM) yang dikelola oleh kampus masing-masing.

5. Libur Kuliah

Perbedaan lainnya adalah pas liburan kuliah. Beberapa kampus negeri biasanya mengizinkan hingga dua bulan liburan sepanjang periode ganjil dan kurang sepanjang periode genap. Berbeda dengan perguruan tinggi swasta yang biasanya memberi tambahan pas liburan lebih banyak. Beberapa perguruan tinggi swasta barangkali memberi tambahan 3 bulan off untuk nomor ganjil dan 2 bulan off untuk nomor genap.

6. Tenaga Pengajar

Perbedaan yang tidak kalah penting termasuk adalah pengajar di kampus. Dosen-dosen di perguruan tinggi nasional biasanya benar-benar berpengalaman karena mengabdikan diri sebagai dosen dan rata-rata menjadi pegawai negeri sipil. PNS tidak boleh mempunyai perusahaan, lebih-lebih perusahaan yang berbadan hukum. Selain itu, dosen yang mengajar di perguruan tinggi negeri termasuk mengajarkan pengetahuan akademik yang benar, baik praktis maupun teoritis.

Sementara itu, sebagian dosen di perguruan tinggi swasta nyata-nyata menjadi guru. Namun, sebagian tutor menggerakkan usaha mereka sendiri sebagai tutor non-profesional. Karena guru PTS tidak terikat dengan larangan perusahaan nonprofesional, lebih-lebih yang telah berbadan hukum. Kelebihannya, Info yang diberikan fakultas di kampus swasta mencakup pengetahuan akademis praktis dan teoritis serta pengetahuan yang disita dari pengalaman fakultas sendiri dalam menggerakkan bisnis.

Categories:
Beasiswa Pendidikan Universitas
Tags:
You Might Also Like